Rabu, 12 Oktober 2016

0

SITUS E-COMMERCE : TRAVELOKA

      1.       Tentang Traveloka
                                                                                             

Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.

Traveloka ini merupakan website yang melayani pencarian dan pembelian tiket pesawat secara online yang paling besar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi,Derianto Kusuma, dan Albert.

Pada konsep pembuatan website Traveloka ini awalnya hanya berfungsi sebagai mesin pencari & pembandingkan harga tiket pesawat. Namun pada pertenganhan tahun 2013 Traveloka ini berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat dimana pengguna dapat melakukan pemesanan tiket pesawat di situs traveloka.com. Lalu tak lama kemudian pada bulan Juli 2014 jasa pemesanan hotel pun telah tersedia di Traveloka.

Traveloka.com ini menurut saya adalah salah satu e-commerce yang bergerak di bidang transportasi yang dalam cara pemesanan tiket pesawat nya lengkap, karena Traveloka.com ini bekerja sama dengan maskapai penerbangan lokal dan internasional dan kita bisa menentukan tujuan dari suatu tempat ke tempat lain sesuai dengan waktu yang kita ingin kan, serta kita bisa juga membandingkan harga tiket dari maskapai yang berbeda pada jadwal penerbangan yang sama.

Traveloka.com ini sering memberikan potongan harga tiket di waktu-waktu tertentu dan untuk pemesanan kamar hotel sebenarnya sama saja seperti pemesanan tiket pesawat, cuma mungkin perbedaan terletak pada waktu cek-in dan cek-out.


      2.       Cara Untuk Pemesanan Tiket Pesawat

  •       Masukkan data-data penerbangan, misal : isi kota asal dan kota tujuan, dan mengisi tanggal pemberangkatan. jika kedua itu sudah di isi maka langkah selanjutnya hanya menekan tombol"Cari Tiket".
  •       Di langkah kedua ini akan muncul daftar harga, maskapai, dan waktu penerbangan. Disini kamu  hanya perlu memilih jadwal penerbangan dan harga tiket yang cocok menurut kamu, setelah itu  klik "Pesan".
  •      Nah di langkah ketiga ini kita harus mengisi data diri kita, mulai dari nama lengkap, nomer telpon, dan email. jika sudah lalu klik "Lanjutkan".
  •      Kita masuk ke sebuah halaman pembayaran, dimana disini kita harus membayar lunas semua harga untuk mendapatkan tiket pesawat, cara pembayaran bisa lewat Transfer di bank, ATM, Kartu kredit, dan jika kamu malas ke bank atau ke ATM kamu juga bisa pergi ke Indomart untuk melakukan pembayaran nya.
  •       Jika proses pembayaran sukses maka dalam jangka waktu 60 menit pihak traveloka.com sudah mengirim kan e-tiket pada email yang telah kamu berikan.

      3.       Cara Untuk Memesan Kamar Hotel

  •  Masuk ke halaman pesan hotel tarveloka.com lalu di form pencarian pilih tujuan destinasi dan data-data seperti tanggal cek-in dan cek-out. lalu klik "Cari Hotel".
  •  Maka akan muncul daftar hotel dan harga nya yang ada di wilayah destinasi yang kita pilih, untuk melihat detail dari kamar nya kamu klik "Lihat Kamar".
  • Jika kamar yang sudah kamu lihat terasa cocok, sekarang kamu hanya tinggal memilih jenis kamar dan julah kamar yang ingin dipesan.
  • Isi data pemesanan dan tamu hotel, jika semua nya sudah benar semua maka kamu bisa lanjut ke halaman pembayaran.
  • Untuk pembayaran sama seperti pemesanan tiket pesawat diatas, tapi ada sedikit catatan, jadi diharapkan membayar sebelum waktu nya habis, jadi waktu habis disini adalah waktu dimana kita melakukan cek-in.
  • Jika kamu sudah membayar maka traveloka.com akan langsung mengirimkan voucher hotel melalui sms dan email kepada kamu.

     4.       Metode Pembayaran

a.       Transfer & ATM, Lakukan pembayaran aman dan nyaman via Transfer BCA, BNI, BRI, atau Mandiri. Metode Transfer tersedia untuk Anda mulai pukul 02:00 sampai 20:00 WIB. Jika Anda tidak memiliki rekening BCA, BNI, BRI, atau Mandiri, lakukan pembayaran melalui bank lain dalam jaringan Bersama, Prima, dan Alto. Metode ATM tersedia untuk Anda selama 24 jam nonstop.
b.      Kartu Kredit, Traveloka menerima kartu kredit berlogo Visa dan MasterCard
Seluruh transaksi kartu kredit di Traveloka dilindungi teknologi Secure Socket Layer dari RapidSSL (Verisign Group). Setelah pembayaran, Anda akan mendapat konfirmasi instan dan e-tiket/voucher hotel akan dikirimkan ke email Anda dalam maks. 60 menit.
c.       Indomaret, Traveloka Menerima Pembayaran via Indomaret
Anda dapat melakukan pembayaran secara tunai di gerai Indomaret untuk pesanan tiket pesawat/hotel, maks. 3 hari sebelum waktu keberangkatan/check-in.
d.      Direct Debit, Traveloka Menerima Pembayaran via Direct Debits
Anda dapat membayar pesanan tiket pesawat/hotel dengan mudah dan aman via Direct Debits seperti CIMB Clicks dan Mandiri Clickpay. Transaksi dilakukan dengan masing-masing bank secara realtime dan aman, dengan teknologi Secure Socket Layer dari RapidSSL.


      5.       Mengapa harga tiket pesawat & hotel di Traveloka lebih murah?

 -Teknologi efisien
Lain dengan online travel agent pada umumnya, biaya operasional kami jauh lebih rendah berkat sistem online aman & mutakhir.

-Bukan cuma murah, ini harga jujur
Harga di awal sudah final, gratis biaya transaksi dan tanpa biaya tersembunyi.

-Online Travel Agent terbesar di Indonesia
Kami online travel agent terbesar & terpercaya yang bekerja sama dengan banyak airline dan hotel dalam menghadirkan promo tiket pesawat & hotel dengan harga khusus tiap harinya.

-Traveloka Best Price Guarantee
Jika menemukan harga lebih murah dari pemesanan Anda di Traveloka, klaim dan kami akan menggantinya.


     6.       Mengapa mencari harga & promo tiket pesawat di Traveloka?

-Jaminan Aman Transaksi Online
Teknologi SSL dari RapidSSL dengan Sertifikat yang terotentikasi menjamin privasi dan keamanan transaksi online Anda. Konfirmasi instan dan e-tiket dikirim ke email Anda.

-Hasil Pencarian Terlengkap
Mencari dan membandingkan harga dan promo tiket pesawat Lion Air, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Citilink, AirAsia dan lain-lain, termasuk KalStar dan Aviastar.

-Harga Tertera Sudah Termasuk Pajak
Harga tiket pesawat yang ditampilkan sudah termasuk biaya-biaya seperti pajak, Iuran Wajib Jasa Raharja, dan fuel surcharge.

-Berbagai Pilihan Pembayaran
Pembelian tiket menjadi semakin fleksibel dengan berbagai pilihan pembayaran, dari Transfer ATM, Kartu Kredit, hingga Internet Banking.

-Smart Algorithm
Kami berusaha mencari tiket pesawat terbaik dari segi harga, lama perjalanan, waktu terbang, kombinasi maskapai, dan lain-lain, dengan teknologi terbaru.

Jadi, menurut saya pada era global ini kita sangat terbantu sekali dengan adanya internet untuk keperluan sehari-hari. Dengan adanya internet memudahkan kita dalam mencari, menerima, serta memberi informasi. Situs Traveloka ini bagi saya sangat membantu kita jika kita hendak ingin berlibur atau berpergian, cukup log-in pada situsnya lalu kita bisa memesan hotel/pesawat dengan harga terbaik. Tentunya sangat mengefisiensi waktu bukan?





Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar