Sabtu, 21 Oktober 2017

0

ETHICAL GOVERNANCE-Budaya Etika

    2. Budaya Etika

Hubungan antara CEO dengan perusahaan merupakan dasar budaya etika. Jika perusahaan harus etis, maka manajemen puncak harus etis dalam semua tindakan dan kata-katanya.Manajemen puncak memimpin dengan memberi contoh.Perilaku ini adalah budaya etika. Tugas manajemen puncak adalah memastikan bahwa konsep etikanya menyebar di seluruh organisasi, melalui semua tingkatan dan menyentuh semua pegawai. Hal tersebut dicapai melalui metode tiga lapis yaitu:

     a.      Menetapkan credo perusahaan. Merupakan pernyataan ringkas mengenai nilai-nilai etis yang ditegakkan perusahaan, yang diinformasikan kepada orang-orang dan organisasi-organisasi baik di dalam maupun di luar perusahaan.

   b.     Menetapkan program etika. Suatu sistem yang terdiri dari berbagai aktivitas yang dirancang untuk mengarahkan pegawai dalam melaksanakan lapis pertama. Misalnya pertemuan orientasi bagi pegawai baru dan audit etika.

    c.     Menetapkan kode etik perusahaan. Setiap perusahaan memiliki kode etiknya masing-masing. Kadang-kadang kode etik tersebut diadaptasi dari kode etik industri tertentu.

Budaya etika menggabungkan unsur formal dan informal untuk memandu pemikiran dan tindakan karyawan, termasuk yang berikut ini:
      1.      Etika kepemimpinan oleh eksekutif dan atasan
      2.      Sistem penghargaan memasukkan pertimbangan etika
      3.       Perwujudan keadilan, perlakuan adil terhadap karyawan
      4.      Buka diskusi tentang etika dalam organisasi
5.  Struktur otoritas yang menekankan tanggung jawab karyawan dan tanggung jawab untuk mempertanyakan tindakannya sendiri dan kewajiban untuk mempertanyakan otoritas saat ada sesuatu yang salah.
6. Fokus organisasi yang mengkomunikasikan kepedulian terhadap karyawan dan masyarakat daripada kepentingan pribadi
      7.      Kebijakan dan prosedur resmi (kode etik, praktik, perilaku)
      8.      Kantor pendukung (misalnya, petugas etika)
i     9.        Struktur pendukung (misalnya pelatihan, dll.)

Sumber :

     Brooks, Leonard J., “Business & Professional Ethics for Accountants”, South Western College Publishing, 2017





0 komentar:

Posting Komentar