Memulai usaha baru memang
bukanlah perkara yang mudah, berbagai tantangan dan persaingan bisnis turut
mewarnai perkembangan sebuah usaha. Dalam menjalankan bisnis, adanya persaingan
pasar memang bukan hal yang baru. Baik usaha yang memang memiliki peluang pasar
cukup bagus, atau pun peluang usaha yang
pasarnya tidak terlalu bagus. Bagus tidaknya peluang usaha disini tentunya kita
ukur dengan tingginya permintaan pasar.
Oleh karena itu, maraknya pertumbuhan
usaha saat ini, ternyata berhasil menciptakan persaingan bisnis yang semakin
ketat. Keadaan ini tentu saja memaksa para pengusaha untuk menggunakan berbagai cara dalam
strategi pemasaran mereka.
Banyak cara yang mereka lakukan agar usahanya tidak kalah bersaing dengan peluang usaha lainnya,
sehingga masih bisa bertahan bahkan berkembang ditengah persaingan pasar yang
semakin ramai.
Untuk mengetahui bagaimana cara
menghadapi persaingan binis? Berikut kami berikan beberapa tips yang dapat Anda
gunakan, untuk memenangkan bisnis.
§ Amati
pasar dan kenali pesaing Anda. Dalam menghadapi persaingan, terlebih dulu
lihatlah potensi pasar yang ada. Serta cari tau siapa pesaing yang kompeten
saat ini, sehingga Anda tidak salah langkah dalam menentukan strategi. Dengan
mengetahui siapa pesaing Anda, secara tidak langsung menentukan bagaimana cara
menghadapinya.
§ Ciptakan
produk yang berbeda. Dengan menciptakan produk yang unik dan belum ada
dipasaran, maka produk Anda memiliki nilai lebih dimata konsumen. Produk yang
unik dan berbeda, memiliki ciri khas tertentu dan daya tarik tersendiri bagi
para konsumen. Sehingga mereka lebih mengenali produk Anda, dan memilih produk
tersebut dibandingkan produk lainnya yang ada dipasaran.
§ Tonjolkan
keunggulan produk Anda. Fokuskan diri untuk lebih menonjolkan keunggulan produk
Anda, misalnya dengan cara mempertahankan kualitas produk atau pelayanan prima
yang selama ini Anda tawarkan kepada konsumen. Sehingga loyalitas konsumen terhadap
produk Anda, akan semakin meningkat.
§ Pelajari
kelebihan dan kelemahan pesaing. Dengan cara ini Anda bisa mengetahuikelebihan
apa yang dimiliki pesaing Anda, dan memanfaatkan kelemahan pesaing sebagai
peluang untuk memenangkan persaingan pasar. Ciptakan produk yang tidak
diciptakan pesaing Anda, atau berikan pelayanan yang tidak disediakan oleh
pesaing Anda. Sebab dengan menawarkan apa yang tidak dimiliki pesaing, maka
peluang Anda untuk memenangkan pasar semakin terbuka.
§ Menawarkan
harga yang bersaing. Memberikan harga yang bersaing, bukan berarti Anda harus
menurunkan harga dan memperbesar kerugian usaha Anda. Strategi ini bisa Anda
lakukan dengan cara, memberikan bonus untuk pembelian tertentu. Misalnya bila
pesaing Anda menjual produk dengan harga yang lebih murah, maka untuk
menghadapinya Anda bisa menawarkan bonus “beli 2 gratis 1”. Jadi harga produk
Anda masih bisa bersaing, tanpa harus menurunkan harga dengan drastis.
§ Buatlah
event untuk mempromosikan produk Anda. Cara ini masih sering digunakan para
pelaku usaha, karena minat konsumen untuk berburu barang-barang diskon masih
sangat tinggi. Refrensi : bisnisku.com 29 December 2010
0 komentar:
Posting Komentar